Sabtu, 9 April 2016

Beberapa Senjata Api Pertama yang Sudah Merubah Sejarah Militer Dunia

Siapa sih yang tidak tahu dengan senjata Api? Senjata api merupakan taktik dalam peperangan militer yang di gunakan pada masa perang dunia ke 1 dan ke 2 itu dan hingga sekarang ini khususnya bagi persenjataan infanteri,pertempuran angkatan darat one by one.

Nah sekarang kita bahas dulu Beberapa Senj4ta Api Pertama yang Sudah Merubah Sejarah Militer Dunia oke gan. hehehe

1. Uzi

Senjata beladiri perorangan (personal defence weapon) yang memadukan pistol mitraliur dengan senapan serbu juga ikut menentukan keberhasilan perang pasukan Infanteri. Salah satu senjata yang paling disegani tersebut adalah Uzi yang diciptakan oleh Mayor Uzil Gal pada tahun 1940.

Penggunaan senjata api pertama jarak dekat ini sendiri sangat diminati dan sudah diekspor lebih ke 90 negara oleh Israel Weapon Industries, perusahaan senjata terkenal di dunia milik negara Israel. Berbagai varian Uzi dijual dari pistol mitraliur uzi, mini uzi dan micro uzi untuk penggunaan masyarakat sipil.

2. Senapan Tanegashima

Senapan Tanegashima dikenal sebagai senapan pertama yang digunakan dalam sejarah militer Jepang. Ceritanya, dulu waktu abad ke 16, waktu orang Jepang mulai kenal mesiu, ada orang Portugis yang bawa senapan terus terdampar di Tanegashima. Karena tertarik sama senapan, ada orang jepang yang beli dua senapan dari orang Portugis itu buat dipelajari. 

Singkatnya, para tuan tanah yang ada di situ tertarik sama teknologi senapan yang tergolong baru. Jadilah, Senapan Tanegashima diproduksi secara besar-besaran waktu itu. Senapan ini emang nggak terlalu populer dan agak susah kalau mau dibandingin sama panah tradisional jepang yang namanya ‘yumi’.

Gimana enggak, senapan ini cuma bisa melontarkan 2 peluru per menit, padahal pemanah tradisional yang udah pro bisa nembak 15 anak panah per menitnya. Tapi jangan salah, senjata ini bisa dipake siapa aja tanpa harus banyak latihan. Beda sama panah ‘yumi’ yang pemakaiannya butuh banyak latihan. 

Senapan ini juga tercatat menyumbang keberhasilan besar di sejarah militer Jepang lho. Soalnya, dulu senapan ini pernah dipake 3.000 pasukannya Oda Nobunaga buat ngelawan 4.000 kavaleri Takeda Katsuyori

3. Senapan Lontak Flintlock Musket

Senapan flintlock musket (lontak) ini populer waktu abad 17. Senapan jenis ini menyulut mesiu pake batu api (bolah timah plus mesiu). Senapan ini disebut-sebut bisa bikin tentara lebih gampang gerak sekaligus nembak di medan pertempuran. Nggak heran, senapan ini cepat populer waktu itu. Senapan jenis ini juga sukses menggantikan model senapan lain yang banyak dipake waktu itu.
Photo : Copyright Wikipedia

Biarpun gitu, senapan ini tetep punya kelemahan, lho! Penyulutan mesiu bisa macet kalau cuacanya lembap atau basah. 

Biarpun tergolong jadul dan punya beberapa kelemahan, senapan musket ini cukup berpengaruh juga. Soalnya, gaya bertarung prajurit Eropa jadi berubah sangar gara-gara senapan ini meskipun belum dilengkapi bayonet. Singkatnya, senapan ini bikin prajurit semakin akrab sama senjata api.

4. Thompson Submachine Gun

Peranan penting penemuan senjata mesin ringan adalah salah satu faktor penentu keberhasilan dalam perang dunia ke 1 dan perang dunia ke 2. Diciptakan oleh Brigadir Jenderal John Taliafero Thomsopson semasih awal perang dunia 1 bergejolak.

Dengan sistem mekanik Blish Locking System, kaliber 45ACP kecepatan peluru 700 rpm menjadikan Thompson, senapan submesin ikonik dan terbaik dijaman perang dunia 1 sampai perang dunia 2 yang pernah dimiliki oleh militer Amerika Serikat dan memenangkan banyak perang parit.

5. PPSh-41 (Pistol Mesin Shpagin, Pistolet-Pulemyot-Shpagina)

Akibat kegagalan Senapan Mosin-Nagent yang daya tembaknya kurang akurat saat dipakai dalam pertempuran jarak dekat. Membuat Georgi Shpagin menciptakan Senjata PPSh-41 sebagai salah satu senjata Infanteri Andalan Tentara Soviet selama perang dunia ke 2.

Terbukti, dalam perang musim dingin Pasukan Finlandia yang dibekali senjata Suomi KP/-31 pun kewalahan menghadapi tentara Soviet (Rusia). Senjata PPSH-41 ini terbilang sangat canggih dijamannya sebagai senapan mesin ringan, mampu menembakkan 1000 peluru per menit.

6. Senapan Gatling

Senapan ini pertama dibuat oleh dokter gigi Amerika Richard J. Gatling. Loh aneh ya? Bukannya diciptain oleh penemu yang emang ahli di bidang senjata, senapan ini justru dibikin sama dokter gigi. Nah, ceritanya tuh gini mang dadang. Dulu, ada perang saudara di Amerika. Nah, Richard J. Gatling ini ngerasa sedih soalnya banyak prajurit yang mati kelaparan di medan perang.

Gara-gara itu, Richard J. Gatling ini nyiptain senapan yang dikenal dengan nama Gatling Gun alias senapan gatling ini. Senapan ini bisa nembak peluru sampe 200 peluru per menit lho! 

Wah, nggak heran deh kalau senapan gatling ini cukup ditakuti di masa itu. Senapan ini juga disebut-sebut sebagai pelopor senapan mesin serbu yang pertama di dunia lho! Soalnya, keganasannya emang udah teruji semasa perang saudara yang berlangsung di Amerika.

7. Needle Rifle

Needle rifle alias senapan jarum ini bisa dibilang sebagai pelopor senjata Bolt Action Rifle. Senjata ini dirancang dan dikembangkan oleh Johann Nikolaus von Dreyse pada tahun 1836. The Dreyse Needle Gun alias senjata needle rifle ini cukup revolusioner di masa itu. Soalnya, waktu abad 19 di Eropa, senjata yang dipake masih menganut konsep rifled musket.
Photo : Copyright Wikipedia.org

Nah, buat ngisi peluru di rifled musket ini, penembak mesti berdiri jadi rawan kena serangan musuh. Kelebihannya, peluru di senapan jarum ini bisa diisi biarpun posisi penembaknya lagi tiarap. Ngisi peluru di needle rifle ini juga bisa dibilang lebih ringkas daripada senjata yang model rifled musket. 

Senjata api pertama militer ini mulai nunjukkin kebolehannya waktu perang unifikasi Jerman. Needle rifle ini dipake pasukan Prusia dan membawa kemenangan buat mereka. Setelah perang Unifikasi Jerman usai, negara lain ikut mengadopsi konsep bolt actionnya needle rifle dan jadilah si needle rifle ini memelopori senjata bolt action rifle yang kita kenal sekarang.

8. Senjata MP 18

Maschinen Pistole Modell 1918 atau MP 18 dikembangkan oleh Hugo Schmeisser. Senjata ini dibuat atas permintaan dari tentara Imperial Jerman yang pengin senjata yang efektif buat jarak dekat selama Perang Dunia I. Senjata otomatis ini sederhana tapi efektif

Di masa berikutnya, senjata ini dikembangkan oleh Nazi Jerman jadi senjata baru yang dipake selama perang dunia II. Bisa dibilang senjata ini jadi pelopor senjata sub mesin canggih yang ada dan dikenal saat ini.

Kawan Kinfoarea.blogspot.com pada kesempatan kali ini hanya itu lah Beberapa Senjata Api Pertama yang Sudah Merubah Sejarah Militer Dunia,meskipun masih ada lagi beberapa senjata yang sering di gunakan oleh pasukan infanteri seperti Karabiner 98K, Carbine M1, Sten Gun, Luger P08.

Related Posts

Beberapa Senjata Api Pertama yang Sudah Merubah Sejarah Militer Dunia
4/ 5
Oleh